Teori komunikasi “Communication theory”

Teori komunikasi “Communication theory”

Shannon dan Weaver (1949) membentuk model komunikasi yang mengidentifikasi elemen yang berhubungan dengan transmisi informasi dari satu sumber ke tujuan lainnya. Elemen tersebut memiliki beberapa komponen;

• Sumber Informasi
• Saluran “channel”
• Tujuan informasi


Sumber informasi
Seluruh komunikasi yang dilakukan manusia akan diposisikan sebagai sumber informasi dengan tujuan tertentu. Dalam konteks internet, sumber dari komunikasi ini adalah perusahaan itu sendiri yang merupakan penyedia informasi, yang harus melakukan pengendalian atas informasi yang disajikan, baik isi maupun kualitas informasi. Berkaitan dengan IFR (Internet Financial reporting, perusahaan sebagai penyedia informasi melakukan pembuatan keputusan berkenaan dengan apa yang ingin disajikan ke pengguna informasi (Khan, 2006).

Saluran “channel”
Internet merupakan aspek baru dari media penyajian informasi. Isu berkaitan dengan hubungan internet sebagai media komunikasi termasuk didalamnya adalah kemampuan untuk dapat dibaca, kemampuan untuk dapat digunakan dan dipahaminya informasi yang disajikan. Internet merupakan suatu saluran yang memungkinkan pengguna mengakses informasi (Shannon and Waver, 1949). Internet juga memungkinkan informasi mudah untuk dimanipulasi dan dirubah oleh pihak manapun berdasarkan kepentingan dan kegunaan mereka, dan ini menjadi tanggungjawab perusahaan untuk menyakinkan tingkat keamanan informasi keuangan yang disajikan melalui internet tersebut (Khan, 2006).

Tujuan Informasi
Elemen tujuan merupakan variasi tipe pengguna laporan keuangan. Internet memiliki satu dilema besar sehubungan dengan aspek penyajian informasi, yaitu sehubungan dengan upaya peningkatan kepercayaan pengguna ke perusahaan, perusahaan dapat menyediakan informasi dengan tingkat keamanaan yang memungkinkan, melalui verifikasi laporan, seperti memberikan jaminan tambahan atas laporan auditor dan laporan perusahaan dari pihak ketiga sehubungan dengan kualitas dan isi informasi yang disajikan agar sesuai dengan standar salinan keras (Khan, 2006).

==========

Unduh referensinya di sini
Shannon dan Weaver (1949)
Khan (2006)


2 komentar:

Lucky Maretha said...

teori komunikasi memang sangat diperlukan oleh semua organisasi, tapi yang jadi pertanyaan bagi diri saya apakah informasi yang diberikan akan selalu ditangkap oleh investor misalnya, karena investor terkadang hanya menangkap sebagian dan terkadang melakukan keputusan yang salah. Mereka terlalu menggebu2 dengan informasi yang mereka dapatkan tanpa memperhatikan informasi yang lain. Bagaimanakah teori informasi dapat menangkapnya??

Rinaldi said...

Teori informasi menurut saya hanya berkaitan dengan bagaimana sumber informasi diperoleh, melalui saluran tertentu dan diarahkan pada pihak yang dituju....jika dilihat teori ini melihat sesuatu dari sudut pandang penyedia informasi dan bukan dari sudut pandang pengguna yang berkemungkinan sangat dipengaruhi berbagai unsur pada saat mereka membuat keputusannya...tentunya termasuk faktor cognitif manusianya dengan keterbatasan rasional "bounded rationality"

Post a Comment