Tips Sandwich Program

Tips bagi teman-teman yg berminat ikutan sandwich, diberikan berdasarkan pengalaman sendiri, semoga bs membantu dan semoga pula tahun depan masih ada sandwich...ok.

1. Cari Prof yang bersedia menjadi pembimbing anda di LN, email beliau, ceritakan siapa anda, maksud dan tujuan anda email mereka, dan ide research anda....jangan lupa surati mereka dengan santun, karena kt butuh mereka. Gak tau mo mulai nyurati siap...he..he wajar, ambil jurnal yg anda gunakan nyusun proposal anda, nah disana umumnya ada alamat mereka, upayakan professor yang penelitiannya anda rujuk....jangan hanya kirim satu email...kirim yang banyak dan selalu cek apakah email di balas

2.Sambil menunggu balasan tidak ada salahnya perbaiki bhs inggris, dan dapatkan skor toefl 500, karena itu minimal, nah kalo anda ke negara yg g bnyk ngerti bhs, inggris, coba pelajari sebisa mungkin bahasa mereka.

3. Ikuti prosedur dan aturan yang ditetapkan pemberi beasiswa...seperti Dikti...jangan telat y.

4. Letter of acceptance itu penting dan lebih penting lagi letter of invitation, jika prof anda setuju bimbing anda, mintakan surat tersebut, katakan itu penting untuk program anda.

5. Nah anda sudah menjadi satu dari sekian mhs yg diterima dlm prog. sanwich....segera siapkan passport, hijau boleh (untuk umum)...sy sich nyaranin yg ini aja, karena urusannya tidak ribet, tapi kalo anda menginginkan passport biru (passport dinas) silahkan, rada ribet, lagian passport biru mo digunakan lg u ke LN tidak dalam rangka tugas g bisa dan dia terbatas serta terikat dengan tugas kt. Gmn kalo sandwich batal...sy sarankan urus aja deh...gak mahal amat, lagian saat ada kesempatan ke LN negeri lagi anda udah punya kan.

6. saatnya ngurus passport, cek syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengurus passport, tiap negara biasanya berbeda, walau ada beberapa hal yg sama....jika memungkinkan minta bantuan agen aja...jika hrs mengurus keluar kota (Jakarta), lebih murah dan mudah...daripada harus langsung ke embasi mereka, tp jk ingin punya pengalaman tidak ada salahnya dicoba. Biasanya negara lain u datang kenegara mereka, membutuhkan asuransi jiwa....cari asuransi yg basisnya luas, barangkali saran saya AIG atau AXA..., hampir lupa buat npwp y, itu agar kt tdk kena biaya fiskal di bandara karena pake passpor hijau, yg biru sich g perlu. (biaya fiskal hampir 2 jt...katanya..ha..ha).

7. Jika anda mendapat fasilitas tiket penerbangan, mintakan yang connecting flight, karena pindah pesawat di terimal berbeda pada bandara dan negara yg baru bagi kita itu sangat menyulitkan, bisa-bisa tertinggal pesawat, minta dari kota anda hingga kota tujuan. Lakukan browsing juga penerbangan ke kota tujuan anda dari Jkt, barangkali anda dimintakan saran pesawat yg diinginkan, upayakan yang cargonya 30 kg y...biar bisa bawa oleh2 banyak...untuk, keluarga, teman, rt, rw, ama pak lurah sekalian...ha..ha. Umumnya anda mendapatkan tiket online, jadi anda harus mengeprint sendiri, printlah lebih dari satu.

8. Wah sekarang anda udah siap terbang...cek...kapan anda bisa berangkat, jika negara tujuan punya 4 musim, barangkali anda harus punya persiapan ekstra... apaan tuh... dari atas ampe bawah y, tutup kepala yang tebal, penutup kuping dari wol, sal, sweter, longjohn, sarung tangan tebal, jacket tebal, kaos kaki tebal + yang ada jarinya...yg lain berdasarkan kebutuhan anda....kelupaan jika anda masih menggunakan kartu hp dari INA, bukalah portal LN dari kartu anda ke gallery provider anda...penting tuh.

9. Kebutuhan ekstra lainnya, tergantung kepentingannya menurut anda, jam tangan dual time, handphone quad band, lengkap dengan fasilitas wifi, camera digital (jangan yg berat..kecil aja..khan belajar sambil jd turis jg..biar orang tau kt udah ngijak tanah ribuan kilo dr INA...ha..ha narsis, kamus, install google earth di komputer anda, termasuk di hp-nya jika memungkinkan...bawa yg agak canggih dikit y...jika memungkinkan.

10. Bawain lain yang perlu dipertimbangkan, obatan khusus u anda..jangan lupa multi vitamin y, bawa indomie, spenuh kopor deh, maklum baru nyampe belum tau mo mkn apa, sekalian cemilan lain, ato makanan yang tahan lama, rendang padang, kerikan tempe.... asal jangan tempe bacem..lumutan deh.

11. Wuih...mo terbang nih...jangan buru-buru dulutips berikutnya nihi, di bandara internasional termasuk soekarno hatta, hal yg umumnya tidak boleh dibawa, g perlu sy jelaskan donk, tp ada beberapa yg agak unik, di tas yang tidak masuk bagase, anda tidak diperkenankan bawa air minum kemasan, bawa pasta gigi, parfum,hair spray...masuk bagase aja.

12. Jika anda transit d beberapa negara, yakinkan anda sudah lapor untuk transit, dan penuhi semua kewajiban sebagai warga asing d negara orang, seperti lapor visa anda.

Nah itu tips dari saya.... semoga berguna,
Fly to your destination.... and get anything which make you more better in knowledge, experience, behavior, and so on, and so on.

0 komentar:

Post a Comment